Kamis, 31 Desember 2015

Cara Membuat Kapurung



 Cara Membuat Kapurung

 Kapurung adalah sejenis makanan pokokyang dikenal di daerah Luwu (d/h Kerajaan Luwu atau Kedatuan Luwu).  Bahannya adalah sagu yang banyak tumbuh di hampir seluruh wilayahnya.  Makanan ini merupakan andalan sejak jaman kejayaan Luwu.



Cara membuat kapurung ini dapat dibagi menjadi beberapa 10 tahap :

  1. Tahap persiapan lauk pauk yang meliputi masak sayuran seperti bayam, kangkung, bunga pisang, atau sayur apa saja yang penting harus dalam bentuk bening, hanya dicampur garam secukupnya dan air tentunya. Sambil menunggu sayuran matang penyiapan sambal dapat dipersiapkan yaitu berupa cabe keriting secukupnya, cabe rawit,dan garam.
  2. Setelah ini matang selanjutnya segera mempersiapkan air buntulan.  Air buntulan adalah air yang dimasak sampai mendidih.  Sambil menunggu air mendidih, siapkan sagu untuk 5 porsi diperlukan sagu kurang lebih seperempat liter.  Campurlah sagu ini dengan air dengan perbandingan 2 bagian air dan 1 bagian sagu.  Aduklah secara merata.  Perhatikan kekentalannya.  Sebagai patokan celupkan pisale (semacam pengaduk dari kayu) pada larutan sagu lalu angkat pisalenya.  Kecepatan menetes sekitar  1 tetes per detik.  Jika masih terlalu encer tambahkan lagi sedikit sagu.
  3. Jika air sudah mendidih segera tuang air mendidih tersebut ke laruan sagu.  Tuang terus air mendidihnya sampai bentuk larutannya menjadi seperti padat dan menyatu dengan baik. 
  4. Pada tahap ini jika langkah 1 - 3 sukses kapurung sudah terbentuk.  Agar tak ada sisa larutan yang tidak tersentuh air panas, maka aduk terus larutan ini secara merata sambil terus dibanting-banting menggunakan pisale.
  5. Selanjutnya siapkan wadah dan isi dengan air sayur atau kaldu ikan, daging atau apa saja sesuai selera.  Kedalamannya kurang lebih 5 cm.
  6. Mulai dui kapurungnya sehingga berbentuk bulat lalu hasil duikan dipindahkan ke larutan tadi.
  7. Jaga bulatan-bulatan kapurung dengan cara diaduk agar  bulatan kapurung tidak saling menempel satu sama lainnya.
  8. Setelah selesai masukkan sambal yang sudah dipersiapkan sebelumnya.  Jumlah sambal yang dibutuhkan dikira-kira saja disesuaikan dengan selera mau pedes, sedang, atau kurang pedas.
  9. Beri tetesen jeruk limau jika suka lalu sajikanlah kapurung pada mangkok.
  10. Siap untuk dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar